Daftar Film Romantis Indonesia yang Perlu Kamu Tonton

Film Romantis Indonesia – Film romantis merupakan salah satu genre film yang paling disukai oleh para penonton terutama kawula muda. Di samping genre film lainnya seperti horor, komedi, action, drama dan lain sebagainya. Dari tahun ke tahun, film romantis bermunculan di tanah air.

Dari film romantis tahun 1970, 1980, 1990, 2000 sampai tahun 2018 saat ini. Bertebarannya film romantis di Indonesia tentu saja membuat masyarakat lebih banyak pilihan dalam menonton film romantis Indonesia yang sesuai selera dan keinginannya.

Dalam sebuah hubungan percintaan antara suami isteri maupun pacar tentu sebuah hubungan tidak ingin hambar. Namun ingin tercipta sebuah hubungan yang harmonis dan romantis. Lalu apa anda tahu mengenai pengertian romantis itu sendiri?

Romantis bukanlah singkatan dari rokok dan makan gratis. Melainkan romantis adalah sebuah kata yang singkat. Namun berjuta kesan indah yang terdapat di dalamnya mengenai indahnya sebuah percintaan.

Perkembangan Film Romantis di Indonesia

film romantis indonesia

Berdasarkan analisa penulis di lapangan, jumlah produksi film Indonesia bergenre romantis terus bertambah setiap tahun. Hal ini berbeda pada era-era sebelumnya yang jumlah produksi film romantis sangat sedikit seperti pada era tahun 1990-an.

Kenyataan tersebut sangat menggembirakan kita semua dan dunia industri perfilman di Indonesia bahwa film romantis Indonesia telah bangkit yang diawali dengan film Ada Apa Dengan Cinta?

Film-film romantis di Indonesia telah terbukti sangat menguntungkan dalam industri bisnis perfilman. Para penonton film ini selalu membludak di bioskop-bioskop tanah air. Karena film romantis Indonesia selalu membuat para penonton gregetan, terkadang membuat menangis dan menyayat hati.

Film romantis Indonesia memiliki prospek cerah. Dan di masa mendatang film bergenre romantis selalu akan ditonton banyak orang terutama dari kawula muda.

Film Romantis Indonesia 2018

film romantis indonesia

Pada tahun 2018 merupakan sejarah baru bagi perfilman di tanah air. Dimana setiap bulan selalu ada puluhan film romantis baru yang dirilis dengan kualitas terbaik dan menarik yang menjadi hiburan mengasyikkan bagi masyarakat luas.

Dengan begitu, bioskop-bioskop di kota-kota besar pun selalu dipenuhi para penonton terutama pada saat akhir pekan.

Untuk lebih jelas, berikut ini sejumlah film romantis Indonesia yang diproduksi tahun 2018 yang sangat layak untuk anda tonton, antara lain :

1. Bluebell : What is Beyond Love?

Dari judulnya tampak seperti film buatan luar negeri. Namun ternyata film romantis ini karya anak-anak muda dalam negeri. Film ini diadaptasi dari novel terkenal karya novelis Dwitasari.

Film yang disutradarai oleh pria bernama lengkap Muhammad Yusuf menjadi film yang menarik sekali untuk ditonton bersama pasangan.

Sebab film Bluebell : What is Beyond Love? banyak mengandung unsur romantisme yang mengisahkan mengenai percintaan sepasang remaja beserta keindahan panorama pulau Dewata Bali yang ditampilkan.

2. Arini

Film yang diproduksi oleh Falcon Pictures ini mengisahkan perjumpaan antara Nick dan Arini di negara Jerman secara tak sengaja. Dari tatapan mata lalu turun ke hati. Dimana setelah pertemuan pertama berlanjut ke pertemuan berikutnya dan menjadi sebuah hubungan percintaan yang romantis.

Namun hubungan keduanya terhalang oleh usia diantara mereka yang sangat berjauhan. Film Arini dibintangi oleh Morgan Oey dan Aura Kasih yang akan menjelaskan kepada para penonton apa itu cinta sejati yang sebenarnya.

3. The Perfect Husband

Inilah film romantis komedi yang menceritakan tentang percintaan dunia remaja. Film yang dibintangi oleh Dimas Anggara sebagai Arsen, Amanda Rawles sebagai Ayla dan Maxime Bouttier sebagai Ando.

Ketiganya terlibat kisah percintaan yang sangat indah dan unik. Menyaksikan film romantis ini di bioskop akan membuat anda terhibur, sering tertawa dan tersenyum sendiri.

Film Romantis Indonesia 2017

film romantis indonesia

Setelah mengupas tuntas berbagai daftar film romantis Indonesia di tahun 2018 maka kita flashback ke belakang dengan melihat beberapa film romantis Indonesia 2017 yang terbanyak jumlah penonton, antara lain :

1. Surga Yang Tak Dirindukan 2

Film yang merupakan kelanjutan dari Surga Yang Tak Dirindukan ini berhasil menduduki peringkat pertama. sebagai film romantis tahun 2017 yang memiliki jumlah penonton terbanyak sekitar 1,6 juta lebih.

Film romantis ini dibintangi para aktor dan aktris berpengalaman sepeti Reza Rahardian, Raline Shah yang mempunyai wajah cantik, Laudya Cynthia Bella dan Fedi Nuril. Movie ini berkisah mengenai sebuah keluarga yang mengalami dilema.

Keluarga itu adalah pasangan suami isteri Arini dan Prasetya. Menonton film Surga Yang Tak Dirindukan 2 akan membuat anda merasakan romantisme dan bikin nangis.

2. Sweet 20

Berikutnya film yang bertengger di urutan 2 dalam kategori film romantis Indonesia tahun 2017 yang paling banyak penonton adalah Sweet 20 yang meraih satu juta penonton lebih. Para pemain film ini antara lain : Kevin Julio, Morgan Oey, Niniek L Karim dan Tatjana Saphira.

Film ini sebenarnya dibuat ulang dalam versi Indonesia dari  aslinya film Korea Selatan yang berating tinggi berjudul MISS Granny.

Film ini benar-benar menyuguhkan nuansa romantisme disertai pelajaran berharga mengenai kehidupan di tambah canda dan tawa yang menghibur para penonton dari awal sampai akhir.

3. London Love Story 2

Dari judulnya saja sudah jelas bahwa ini adalah film romantis Indonesia yang kelanjutan dari London Love Story 1. Jumlah penonton film romansa ini mencapai 860 ribu.

Film yang berlatar belakang di kota London Inggris ini menceritakan kisah percintaan antara Dave yang diperankan Dimas Anggara. Caramel yang diperankan Michelle Ziudith dan Gilang yang diperankan Rizky Nazar. Film romantis terbaik ini akan mampu membuat penonton teriris hati dan mewek.

Film Indonesia Romantis yang Bikin Nangis

Salah satu hal yang diperhatikan orang ketika hendak menonton film romantis adalah apakah jalan ceritanya seru dan bisa bikin menangis.

Mereka ingin menyaksikan film romantis Indonesia yang benar-benar seru, jalan cerita sulit ditebak, dan berkualitas baik yang bisa menghanyutkan hati dan suasana. Sehingga mereka bisa menghayati film tersebut dan mewek.

Berikut ini film Indonesia romantis yang bikin nangis atau mewek, antara lain :

1. Radit dan Jani

Ini adalah film bernuansa romantis yang pernah menyabet gelar film terbaik dan pemain terbaik tingkat nasional. Film Radit & Jani berkisah mengenai dua pasangan bernama Radit dan Jani.

Mereka berdua memutuskan untuk menikah walaupun mendapatkan pertentangan dari orangtua Jani. Maklumlah Radit merupakan seorang pengangguran dan berandalan.

Di tengah cerita, digambarkan terjadi perjuangan sangat gigih dari Radit untuk menafkahi isteri tercinta. Namun ia selalu mengalami rintangan dan kegagalan selama mencari makanan bagi istrinya.

Pada akhir cerita, Jani terpaksa meninggalkan Radit yang miskin dan menikah dengan pria lain yang mapan atau kaya raya berkat dukungan orangtua Jani.

Pada suatu kesempatan, Radit menjumpai Jani yang sedang mengasuh anak tercinta di sebuah taman. Jani menunjukkan bahwa anaknya yang sudah besar itu adalah anaknya Radit. Ending cerita sangat menyedihkan atau sad ending yang membuat para penonton terhanyut dalam alur cerita dan menangis.

2. Ada Apa Dengan Cinta?

Berikutnya berada di urutan dua dalam daftar film romantis Indonesia yang bikin nangis penonton adalah Ada Apa Dengan Cinta?

Film yang diproduksi tahun 2002 ini menceritakan dua remaja SMA yakni Cinta yang diperankan oleh Dian Sastrowardojo dan Rangga yang diperankan oleh Nicholas Saputra.

Karakter Rangga adalah sebagai pria yang hobi baca buku dan dingin. Sejak dirilis di pasaran, para penonton film ini membludak hingga tercatat sebagai film romantis dengan jumlah penonton terbanyak saat itu.

Melihat kesuksesan film Ada Apa Dengan Cinta? di tahun 2002 maka 14 tahun kemudian rumah produksi, Mirles membuat kelanjutan Ada Apa dengan Cinta 2? Yang sama-sama laris dan mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat luas.

Dimana bioskop-bioskop yang menayangkan Ada Apa dengan Cinta2 ? selalu dipadati para penonton terutama kalangan ABG atau remaja.

Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Berbagai film romantis Indonesia meraih penghargaan di tingkat lokal, nasional hingga internasional. Hal tersebut merupakan buah kerja keras sutradara dan para pemain film romantis di tanah air.

Film romantis Indonesia banyak sekali diproduksi dari tahun ke tahun. Namun sedikit sekali film romantis Indonesia terbaik. Bagi anda yang penasaran, berikut ini sejumlah film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa, antara lain :

1. Habibie dan Ainun

Film yang diproduksi tahun 2012 ini mengisahkan tentang cinta abadi antara BJ Habibie dan Hasri Ainun Besari. Film ini diilhami oleh kisah nyata BJ Habibie dalam mengenal hingga menjalin asmara dan menikah dengan Hasri Ainun Besari.

Movie Habibie dan Ainun dirilis setelah isteri tercinta Habibie bernama Hasri Ainun Besari meninggal dunia. Kesedihan sangat dalam dirasakan presiden ketiga republik Indonesia ini.

Sehingga beliau mengungkapkan bagaimana sosok isteri tercinta yang sangat penyayang dan sangat mencintainya dari awal sampai mati.

Faozan Rizal sebagai sutradara film ini menggarap film ini secara apik dan menarik. Dimana sosok Rudy Habibie seperti kenyataannya merupakan pakar pesawat terbang yang berkeinginan kuat untuk menciptakan pesawat terbang buatan Indonesia.

Sehingga bisa mempersatukan antara satu pulau dengan pulau lain. Adapun Ainun digambarkan sebagai dokter yang masih muda belia dan mempunyai karir yang bagus dengan otak yang cemerlang. Sebelumnya pada tahun 1962, mereka berdua bersekolah di SMP yang sama.

Berjalan waktu, sesudah dewasa keduanya berjumpa dalam sebuah acara. Dari saling tatap kemudian mereka menjalin komunikasi hingga jatuh cinta yang diteruskan ke jenjang pernikahan.

Karena BJ Habibie bekerja di negara Jerman sebagai ahli pesawat terbang maka Ainun pun ikut suami tercinta. Kariernya sebagai dokter muda ditinggalkan. Selama hidup di negara Jerman, Ainun dan BJ Habibie mengalami berbagai kesulitan dan rintangan.

Namun mereka berhasil melaluinya dengan baik. Hingga BJ Habibie menjadi presiden Indonesia yang ketiga. Kemudian berjalan waktu, sang isteri tercinta meninggal dunia. Walaupun demikian, cinta keduanya masih melekat dan abadi.

2. Ayat Ayat Cinta

Berikutnya ada di peringkat dua sebagai film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa ditempati oleh Ayat Ayat Cinta. Film yang diproduksi pada tahun 2008 dan booming pada saat itu diangkat berdasarkan novel berjudul Ayat Ayat Cinta karangan Habiburrahman El Shirazy.

Latar belakang film ini di negara Mesir. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini mampu menembus 3,6 juta penonton yang waktu itu menjadi rekor baru bagi dunia film di tanah air.

Ayat Ayat Cinta mengisahkan seorang pria berkewarganegaraan Indonesia bernama Fahri yang diperankan oleh Ferdi Nuril sedang menuntut ilmu di kampus Al Azhar Mesir.

Sikap sopan santun, soleh, baik hati, dermawan, suka menolong, dan berhati-hati dalam berkenalan dengan wanita membuat ia disukai teman-teman.

Selama menuntut ilmu, ia berkenalan dengan wanita cantik bernama Maria yang beragama Kristen Koptik. Maria mempunyai perasaaan cinta kepada Fahri. Namun ia memilih untuk menyembunyikannya.

Orang yang mencintai Fahri bukan hanya Maria tapi juga ada Nurul yang seorang pelajar Indonesia yang sama-sama menuntut ilmu di Mesir dan anak seorang kiyai.

Dan terakhir adalah Aisha seorang wanita berkewarganegaraan Jerman yang mencintai Fahri karena istiqomah dalam menerapkan ajaran agama Islam dalam bermasyarakat. Siapa wanita yang akan dinikahi oleh Fahri? Simak saja film Ayat Ayat Cinta secara lengkap.

Love Film Indonesia Terbaik

Film tentang percintaan remaja masih menjadi jenis film yang disukai para penonton di Indonesia yang kebanyakan kalangan kawula muda dan remaja. Bagi anda yang ingin menonton film Indonesia tentang love remaja maka pilihlah jenis film romansa cinta terbaik. Berikut ini love film Indonesia terbaik, antara lain :

1. Heart

Film romantis cinta yang diproduksi tahun 2006 ini mengisahkan tokoh Farrel yang diperankan oleh Irwansyah dan tokoh Luna yang diperankan oleh Acha Septriasa. Farrel mempunyai sahabat baik dari kecil yang bernama Rachel diperankan oleh Nirina Zubir.

Semenjak perjumpaan dengan Luna di sebuah tempat kemudian berkenalan lebih lanjut tiba-tiba Farrel mencintai Luna. Dan ia mengungkapkannya dengan tulus dan diterima oleh Luna. Hal tersebut tak terlepas dari bantuan Rachel.

Namun dibalik kegembiraan Farrel tersimpan kesedihan yang sangat dalam di dalam diri sahabatnya yakni Rachel. Ternyata Rachel dari lubuk hati paling dalam mencintai Farrel.

Ternyata Luna mempunyai sebuah penyakit yang memerlukan donor hati supaya ia dapat terus hidup. Rachel yang sedang terluka parah saaat itu rela mendonorkan hatinya bagi Luna.

Dalam surat terakhir yang ia tulis, Rachel berpesan agar Farrel mencintai Luna dan hatinya telah diberikan pada Luna supaya Farrel tetap mencintai Luna dan dirinya secara sekaligus.

Kisah drama percintaan remaja ini diakhiri dengan sad ending yang sanggup membuat anda menangis termehek-mehek.

2. Ketika Cinta Bertasbih 2

Berikutnya love film Indonesia terbaik di peringkat dua ditempati oleh Ketika Cinta Bertasbih 2. Film yang diangkat dari Novel Best Seller berjudul Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy ini diproduksi pada tahun 2009 langsung booming dan banyak ditonton orang di seluruh Indonesia hingga 1,5 juta penonton.

Film yang disutradarai oleh Chaerul Umam ini mengisahkan mengenai seorang pria bernama Khaerul Azzam yang lulusan sarjana dari peruguruan tinggi terkenal di Mesir yakni universitas Al Azhar. Setelah lulus S1 ternyata kenyataan tidak sesuai dengan keinginan.

Ia mengalami kesulitan dalam memperoleh pekerjaan yang layak.  Karena lama menganggur, ia pun mencoba memberanikan membuka usaha sebagai ikhtiar mencari rejeki yang halal. Hal lain yang dipikirkan oleh Khaerul Azzam adalah usianya yang semakin bertambah tua.

Yang membuat ia berkeinginan kuat untuk segera menikah. Untuk mengetahui akhir cerita film ini, sobat dapat menontonnya secara langsung film Ketika Cinta Bertasbih 2.

Demikianlah beberapa film romantis Indonesia terbaik tahun 2017 dan 2018 serta film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa yang bisa bikin nangis.

Peringkatan film ini bersifat subjektif dan tergantung selera masing-masing.Mungkin anda berbeda pandangan dengan penulis. Namun semua itu dibuktikan secara real melalui berbagai aspek seperti jumlah penonton, alur cerita dan lain sebagainya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *