11 Film Indonesia Terbaik Action | Comedy | Romantis

Film Indonesia Terbaik – Siapa sih yang tidak suka nonton film? Pastinya setiap orang menyukai menonton film termasuk anda mungkin sesuai dengan tema yang diminati. Seperti film pendidikan, film komedi, film romantis, film sejarah, film action dan lain sebagainya.

Menonton film Indonesia terbaru di bioskop menjadi sebuah hiburan di masyarakat yang saat ini tengah populer. Hal ini dibuktikan dengan setiap launching film Indonesia terbaru pastinya diserbu para penonton yang mengunjungi bioskop-bioskop terdekat.

Pada era tahun 1990-an dunia perfilman Indonesia sempat terpuruk. Tapi saat ini seiring dengan perkembangan jaman dan upaya berbagai kalangan pihak swasta dan pemerintah, dunia perfilman Indonesia menggeliat sangat pesat dalam beberapa kurun terakhir ini.

Bahkan beberapa judul film produksi bangsa Indonesia tak kalah dengan film Bollywood sudah menembus tingkat internasional dengan berbagai penghargaan.

Manfaat Menonton Film Indonesia

film indonesia terbaik

Menonton film menjadi hobi sebagian besar orang di Indonesia. Dari mulai kalangan ibu rumahtangga, anak-anak, remaja, dewasa, laki-laki, perempuan hingga orang lanjut usia.

Namun bagi kalangan yang super sibuk, kegiatan menonton film umumnya dilakukan pada waktu luang. Seperti di hari minggu atau akhir pekan saat libur kerja.

Menonton film bukan hanya sekedar kegiatan hiburan untuk mengisi waktu luang. Tapi juga merupakan sebuah aktifitas yang bermanfaat bagi kehidupan seseorang. Misalkan film bertema sejarah akan memberikan wawasan kepada kita mengenai sejarah sesuatu hal.

Seperti Film Soekarno, Cut Nyak Dien, Ahmad Dahlan, dll. Selain itu, menonton film Indonesia yang bermutu akan membuat pengetahuan kita semakin bertambah besar alias tidak kudet atau kurang update.

Kontribusi Film Indonesia Terhadap Negara

film indonesia terbaik

Menggeliatnya dunia perfilman Indonesia yang ditandai dengan banyaknya produksi film di tanah air membawa angin segar bagi beberapa kalangan. Dari mulai individu, pihak swasta maupun pemerintah.

Misalkan membuka lapangan kerja baru bagi para sutradara, artis dan aktor yang berbakat untuk menambah pendapatan dari usaha pembuatan film Indonesia. Para penulis yang novelnya dijadikan film di layar lebar pun kebagian rezeki dengan royalti yang didapatkannya.

Dengan banyaknya aktor, aktris dan sutradara film Indonesia yang handal membuat mereka bisa mengembangkan lagi bakatnya hingga ke dunia internasional. Misalkan aktor Iko Uwais yang berhasil membintangi sebuah film Hollywood yang sukses menduduki Box Office.

Hal ini akan mengharumkan bangsa dan negara Indonesia dengan banyak bermunculan aktor dan aktris film asal Indonesia yang sudah mendunia.

Kemajuan dunia perfilman Indonesia pun disupport langsung oleh berbagai teknologi terkini. Seperti dengan hadirnya media berbagi video youtube. Dimana setiap orang bisa membuat video di youtube untuk menguji kualitas film Indonesia yang dibuatnya.

Contoh orang yang sukses berkat membuat film di youtube adalah Raditya Dika. Bagi pemerintah, banyaknya produksi film layar lebar yang berkualitas di Indonesia turut serta menambah pemasukan negara dari sektor pajak perfilman.

Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

film indonesia terbaik

Ada banyak film yang diproduksi oleh bangsa Indonesia dari jaman dulu sampai sekarang ini. Namun hanya sebagian film yang disebut film terbaik sepanjang masa. Berikut ini beberapa film Indonesia yang disebut terbaik sepanjang masa, antara lain :

1. Laskar Pelangi

Film yang dirilis pada tahun 2008 ini diangkat dari Novel Trilogi Best Seller karya Andrea Hirata. Disutradarai oleh Riri Reza dan sudah disaksikan sebanyak 4,7 juta penonton di tanah air.

Yang membuat film ini memegang rekor baru sebagai film Indonesia dengan penonton paling banyak dalam waktu delapan tahun berturut sepanjang sejarah dunia perfilman Indonesia. Latar belakang film Laskar Pelangi adalah daerah Belitung yang memiliki pemandangan indah sekali dan menarik.

2. Dilan 1990

Film ini diadaptasi dari novel terkenal karya Pidi Baiq. Film Dilan 1990 sangat populer di tahun 2018 sehingga berbagai meme tentang Dilan 1990 tersebar di berbagai media sosial dan internet.

Dalam kurun waktu sebentar dari sejak launching, film Dilan 1990 telah menarik perhatian masyarakat Indonesia dan saat ini sudah disaksikan sebanyak 6,1 juta lebih penonton di bioskop-bioskop seluruh Indonesia.

Tokoh Dilan diperankan secara apik dan menarik oleh aktor terkenal, Iqbaal Ramadhan. Genre film ini berpadu antara kocak dan romantis. Yang pastinya sangat menghibur bagi para penonton dengan latar belakang tahun 1990-an.

Action Film Indonesia Terbaik

Setelah mengupas film Indonesia terbaik sepanjang masa, penulis akan membeberkan film aksi Indonesia. Berikut ini kumpulan film action Indonesia terbaik, antara lain :

1. The Raid

2. The Raid 2 : Berandal

Sebuah film yang diproduksi pada tahun 2014 ini merupakan kelanjutan dari Film The Raid yang disutradarai oleh Gareth Evans dan telah ditonton sebanyak 1.424.272 penonton di seluruh Indonesia. Sehingga termasuk kategori film Indonesia action terbaik sepanjang masa.

Film ini dibintangi oleh Iko Uwais yang berperan sebagai Rama. Di dalam film The Raid 2 : Berandal, sobat akan disuguhi berbagai konflik pembunuhan, korupsi dan pengkhianatan.

Film Indonesia Terbaik Romantis

Genre film Indonesia sangat beragam dari film horor, komedi, kisah, action sampai romantis. Namun yang paling digemari kalangan anak muda sepanjang masa apalagi yang sedang jatuh cinta adalah jenis film romantis.

Dan ternyata Indonesia merupakan salah satu negara produsen film romantis yang paling getol merilis berbagai film romantis yang disukai kawula muda.

Latar belakang cerita film romantis bisa di luar negeri seperti Paris, London, Amerika Serikat, Eropa dan negara lainnya. Sedangkan latar belakang di dalam negeri bisa di Bandung, Jakarta, Belitung dan seluruh wilayah di Indonesia.

Pada akhir cerita film romantis biasanya membuat penonton gregetan untuk mengetahui endingnya yang dapat berakhir tragis atau sedih maupun bahagia.

Bagi anda yang penasaran, berikut ini beberapa film romantis terbaik di Indonesia sepanjang masa, antara lain :

1. Ada Apa Dengan Cinta?

Inilah film Indonesia romantis yang fenomenal dan best seller serta paling banyak ditonton saat itu oleh masyarakat Indonesia.

Film romantis yang dibuat tahun 2002 ini mengisahkan sebuah hubungan percintaan antara Cinta yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo dan Rangga yang diperankan oleh Nicholas Saputra. Keduanya saling jatuh cinta. Film ini disebut-sebut sebagai awal perkembangan pesat dunia film di tanah air.

Tokoh Cinta digambarkan sebagai seorang gadis periang yang mempunyai geng. Selepas berjumpa dengan Rangga, Cinta merasakan jatuh cinta hingga akhirnya memutuskan bersama. Namun Rangga digambarkan sebagai pria yang tertutup dan dingin.

Justru itulah yang membuat para penonton gregetan. Hubungan kebersamaan mereka seringkali diwarnai oleh berbagai keributan dan pertengkaran.

Tapi semuanya bisa diselesaikan dengan baik. Pada suatu hari, Rangga terpaksa meninggalkan tanah air dan menuju ke luar negeri untuk menempuh pendidikan. Akhirnya kebahagiaan Cinta menjadi hilang.

Film Ada Apa Dengan Cinta ? terbukti berhasil di pasaran dengan jumlah penonton terbanyak saat itu. Empat tahun kemudian tepatnya di tahun 2006, dibuatkan kelanjutannya.

Sutradara yang sama memberikan judul Ada Apa dengan Cinta 2? Yang meraih keberhasilan lebih besar lagi dari film sebelumnya.

2. Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Film yang diangkat dari sebuah novel karya Buya Hamka ini diproduksi tahun 2013. Para pemain film romantis Indonesia ini antara lain : Pevita Pearce, Reza Rahardian dan Herjunot Ali. Latar belakang film diambil di daerah Minangkabau pada masa 1930.

Sinopsis film romantis ini adalah dimulai dari seorang pria bernama Zainuddin yang sangat mencintai Hayati. Begitupula sebaliknya, Hayati juga menyayangi Zainuddin.

Akan tetapi, perbedaan latar belakang keluarga membuat cinta mereka sulit bersatu. Dimana Zainuddin hanyalah seorang lak-laki  bukan keturunan Minang dan ia sangat miskin. Berbeda dengan Hayati yang merupakan bagian dari keluarga Minang yang kaya raya.

Suatu hari, Zainuddin dengan penuh semangat melamar Hayati. Namun pihak keluarga Hayati menolaknya mentah-mentah. Dengan alasan bukan pria kaya dan keturunan Minang. Dan mereka memilih menikahkan Hayati dengan lelaki tampan dan kaya raya bernama Aziz.

Kekecewaan itulah membuat Zainuddin memutuskan untuk pergi merantau ke pulau Jawa.  Di pulau Jawa upayanya untuk menjadi penulis ternama berhasil. Diceritakan karena terbelit utang, Aziz meminta bantuan Zainuddin untuk menjaga Hayati.

Waktu itu, Zainuddin berusaha untuk menyembunyikan perasaan cinta pada Hayati. Begitupula dengan Hayati. Namun Hayati secara nyata mengetahui rasa cinta Zainuddin kepadanya sangat dalam dan tulus. Hingga Hayati menaiki kapal van der wicj untuk pulang kampung.

Dan ternyata kapal yang ditumpanginya tenggelam hingga menewaskan seluruh penumpang termasuk Hayati.  Zainuddin sangat kecewa atas kejadian itu sebab ia tidak sempat mengutarakan rasa cintanya yang sangat dalam pada Hayati.

Comedy Film Indonesia Terbaik

Siapa sih yang tidak butuh hiburan yang lucu? Pasti setiap orang membutuhkan hiburan komedi lucu untuk melepaskan rasa lelah. Dan menurut penelitian, seseorang harus tertawa gembira setiap hari supaya badannya tetap sehat.

Salah satu caranya dengan menonton film komedi Indonesia. Berikut ini film komedi Indonesia terbaik  terbaru, antara lain :

1. Comic 8

Film yang bergenre komedi dan disutradarai oleh Anggy Umbara ini diproduksi tahun 2014. Tercatat sebagai film komedi dengan total jumlah penonton lumayan banyak sekitar 1.624.067.

Film Comic 8 menjadi sangat menarik karena para pemainnya adalah para komika yang terkenal dan paling baik di Indonesia. Gaya tingkah dan bicaranya sangat lucu membuat para penonton tak berhenti tertawa terpingkal-pingkal.

Dibintangi juga oleh legenda lawak tanah air yakni Indro Warkop semakin banyak konten yang bisa membuat tertawa ketika menyaksikan film Comic 8.

Film Comic 8 menceritakan mengenai delapan orang yang hendak merampok sebuah bank. Delapan orang ini terbagi menjadi tiga kelompok yang mempunyai motif untuk merampok bank dengan alasan yang berbeda satu sama lain.

Pada hari itu mereka merampok pada bank yang sama secara kebetulan. Pihak keamanan bank segera memanggil bantuan pihak kepolisian. Untuk mengetahui kelanjutan film ini, sobat dapat menonton film komedi Comic 8.

2. Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss! Part 1

Inilah film komedi Indonesia terbaik sepanjang masa yang disutradarai oleh Anggy Umbara. Hal ini dilihat dari jumlah penontonnya yang mencapai 6,8 juta orang lebih. Sehingga dinobatkan sebagai peringkat teratas film Indonesia terbaik hingga sekarang.

Film bergenre komedi hasil reboot dari Warung Kopi DKI ini dipenuhi aksi lucu Indro, Kasino dan Dono. Yang membuat para penonton tertawa terpingkal-pingkal.

Dono, Kasino dan Indro yang tergabung dalam satu organisasi sosial bernama CHIPS bertugas melayani publik secara efektif dan efisien.

Belakangan, justeru bukannya memberikan solusi dan melayani masyarakat secara luas, tapi mereka menambah runyam masalah di masyarakat dengan aksi yang sangat lucu di berbagai tempat.

Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, owner CHIPS menugaskan seorang agen handal dan profesional dari Perancis bernama Sofie.

Lalu apa kelanjutannya, untuk mengetahuinya secara lengkap maka anda bisa menonton Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss! Part 1.

3. Partikelir

Inilah film yang sangat menghibur para penonton. Dimana para penonton tidak akan pernah berhenti tertawa. Film yang dikemas sangat lucu dan ringan berisi dialog-dialog nyeleneh tentang isu publik terkini namun mengandung penuh arti. Para pemain utama film komedi ini adalah Deva Mahendra dan Pandji Pragiwaksono.

Film Indonesia Terbaik 2017

Setiap tahun produksi film Indonesia semakin bertambah banyak. Hal ini membuat setiap tahun di Indonesia mempunyai beberapa daftar film terbaik. Salah satunya film Indonesia terbaik di sepanjang tahun 2017. Untuk mengetahuinya secara lengkap, berikut adalah film Indonesia terbaik 2017, antara lain :

1. Ayat Ayat Cinta 2

Inilah film yang merupakan kelanjutan dari film Ayat-Ayat Cinta yang fenomenal. Tak kalah sukses dari pendahulunya, film yang disutradarai oleh Guntur Soeharjanto ini mampu menembus 2,8 juta lebih penonton.

Film ini mengisahkan seorang pria bernama Fahri yang mempunyai sikap lembut dan soleh sedang berusaha mencari isteri tercinta bernama Aisha di negara Skotlandia. Sebuah negara yang menjadi tempat favorit bagi Aisha.

Di Edinburgh negara Skotlandia Fahri menetap. Ia ditemani seorang asisten rumah tangga bernama Hulusi yang berasal dari negara Turki.

Untuk membiayai kehidupan sehari-hari selama berada di negara Skotlandia, Fahri bekerja jadi dosen pada sebuah perguruan tinggi terkenal di negara tersebut. Sikap Fahri yang supel, ramah, lembut dan mudah akrab ini membuat ia sangat disenangi oleh orang-orang di sekelilingnya.

Di samping banyak orang yang menyukai Fahri, ada juga orang yang benci terhadap Fahri. Salah satunya Keira yang merupakan musisi biola asal Skotlandia. Kemudian suatu hari Fahri berjumpa dengan Hulya yang merupakan salah seorang kerabat Aisha.

Hal tersebut mengingatkannya akan tujuannya dalam pencarian Aisha. Untuk menyimak apa yang terjadi selanjutnya, sobat dapat menonton film Indonesia terbaik di tahun 2017 ini di situs download, DVD original maupun bioskop terdekat.

2. Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss! Part 2

Berada di urutan kedua, film Indonesia terbaik tahun 2017 adalah Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss! Part 2 yang sudah ditonton oleh 4 juta orang lebih. Film yang disutradarai oleh Anggy Umbara ini merupakan kelanjutan dari film Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss! Part 1 yang sangat fenomenal.

Film Indonesia Terbaik Horor

Selain mempunyai film komedi dan romantis terbaik, Indonesia pun memiliki film horor terbaik, antara lain :

1. Pengabdi Setan

Film ini merupakan hasil reboot dari film jadul di tahun 1982 dengan judul yang sama. Film yang dirilis pada tahun 2017 ini telah ditonton sebanyak 4,2 juta lebih penonton. Joko Anwar selaku sutradara mengemas film horor ini dengan sangat apik dan menarik.

Hal ini dibuktikan dengan peringkat film ini di deretan film Indonesia menempati posisi teratas hingga dinobatkan sebagai film horor Indonesia terbaik sepanjang masa.

2. Danur

Berikutnya film terbaik bergenre horor di Indonesia ditempati oleh Danur yang diproduksi pada tahun 2017. Film yang disutradarai oleh Awi Suryadi dan sudah ditonton 2,7 juta penonton ini mempunyai kualitas yang hampir sama dengan kualitas film horor buatan luarnegeri.

Danur mengisahkan mengenai seorang wanita bernama Risa berusia 8 tahun sedang merayakan hari ulangtahunnya. Namun, pola tingkah Risa sejak saat itu mulai berubah. Dimana ia sering bermain sendiri dan tertawa sendirian. Ternyata Risa mempunyai seorang teman yang tak kasat mata.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *