Ayo Beriklan Di Indofiles Ayo Beriklan Di Indofiles Ayo Beriklan Di Indofiles

Join Indofiles VIP IndoLocker.com - We here to Share

User Tag List

Results 1 to 1 of 1

Thread: Pengertian Akar Tumbuhan & Daun

  1. #1
    faisal31's Avatar
    Join Date
    Oct 2011
    Location
    Di Jiwa Yang Sehat
    Posts
    618
    Thanks
    531
    Thanked 1,241 Times in 528 Posts
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Pengertian Akar Tumbuhan & Daun


    Pengertian Akar



    Akar adalah bagian pokok ketiga setelah daun dan batang. Akar tidak berbuku-buku, tidak beruas, dan tidak mendukung daun-daun. Pertumbuhannya umumnya mengarah ke pusat bumi (geotrop) atau menuju ke air (hidrotrop); namun adapula bagian akar yang tumbuh lateral atau menjauhi pusat bumi; warnanya biasanya keputih-putihan atau kekuning-kuningan. Bentuk akar seringkali meruncing sehingga lebih mudah untuk menembus tanah.


    Akar umumnya terdiri dari bagian-bagian :

    >> Leher akar atau pangkal akar (collum), yaitu bagian akar yang bersambungan dengan pangkal, batang;

    >> Ujung akar (apex radicis), bagian akar yang paling muda, terdiri atas jaringan jaringan yang masih dapat mengadakan pertumbuhan;

    >> Batang akar (corpus radicis), bagian akar yang terdapat antara leher akar dan ujungnya;

    >> Cabang-cabang akar (radix lateralis), yaitu bagian akar yang tidak langsung bersambungan dengan pangkal batang, tetapi keluar dari akar pokok, dan masing-masing dapat mengadakan percabangan lagi;

    >> Serabut akar (fibrilla radicalis), cabang-cabang akar yang halus dan berbentuk serabut;

    >> Rambut-rambut akar atau bulu-bulu akar (pilus radicalis), merupakan tonjolan sel epidermis yang berfungsi untuk memperluas daerah penyerapan akar, sehingga lebih banyak air dan unsur hara yang dapat diserap. Pada tumbuhan air jarang dijumpai adanya rambut akar;

    >> Tudung akar (calyptra), bagian akar yang letaknya paling ujung, terdiri atas jaringan yang berguna untuk melindungi ujung akar yang masih muda dan lemah.


    Ada 2 macam sistem perakaran, yaitu :

    1. Sistem akar tunggang
    Jika akar lembaga tumbuh terus menjadi akar pokok yang bercabang-cabang menjadi akar-akar yang lebih kecil. Akar pokok yang berasal dari akar lembaga disebut akar tunggang (radix primaria). Susunan akar yang demikian biasa terdapat pada tumbuhan biji belah (Dicotyledoneae) dan tumbuhan biji telanjang (Gymnospermae).

    2. Sistem akar serabut
    Jika akar lembaga dalam perkembangan selanjutnya mati atau kemudian disusul oleh sejumlah akar yang kurang lebih sama besar dan semuanya keluar dari pangkal batang. Akar-akar ini karena bukan berasal dari calon akar yang asli dan bentuknya seperti serabut dinamakan akar serabut (radix adventicia).

    Perlu diingat, bahwa akar tunggang hanya kita jumpai kalau tumbuhan ditanam dari biji. Walaupun dari golongan biji belah (Dicotyledoneae), suatu tumbuhan tak akan mempunyai akar tunggang jika tidak ditanam dari biji, seperti misalnya berbagai jenis tanaman budidaya yang diperbanyak dengan cangkokan atau turusan (stek).


    Pengertian Daun


    Daun merupakan bagian tumbuhan yang penting dan umumnya tiap tumbuhan mempunyai sejumlah besar daun. Alat ini hanya terdapat pada batang, bagian batang tempat duduknya atau melekatnya daun dinamakan buku-buku (nodus) batang dan tempat di atas daun yang merupakan sudut antara batang dan daun dinamakan ketiak daun (axilla). Daun biasanya tipis melebar, kaya akan suatu zat warna yang hijau yang dinamakan klorofil. Daun berfungsi sebagai alat untuk:

    1. Pengambilan zat-zat makanan (resorbsi).
    2. Pengolahan zat-zat makanan (asimilasi).
    3. Penguapan air (transpirasi).
    4. Pernafasan (respirasi).


    A. Bagian-bagian daun

    Daun lengkap terdiri dari tiga bagian, yaitu:
    1. Upih daun atau pelepah daun (vagina).
    2. Tangkai daun (petiolus).
    3. Helaian daun (lamina).


    B. Bangun/ bentuk daun (circumscriptio)

    Berdasarkan letak bagian daun yang terlebar maka daun dibedakan empat golongan, yaitu daun dengan:

    1. Bagian yang terlebar kira-kira di tengah-tengah helaian daun.
    Tumbuhan yang memiliki daun yang bagian terlebarnya terletak di tengah-tengah helaian daun kemungkinan bangun daunnya adalah bulat atau bundar (orbicularis), bangun perisai (peltatus), jorong (ovalis atau ellipticus), memanjang (oblongus), dan bangun lanset (lanceolatus).

    2. Bagian yang terlebar di bawah tengah-tengah helaian daun.
    Daun-daun yang mempunyai bagian yang terlebar di bawah tengah-tengah helaian daunnya dibedakan dalam dua golongan, yaitu:

    >> Pangkal daunnya tidak bertoreh. Dalam golongan ini didapati bentuk-bentuk daun seperti: bangun bulat telur (ovatus), bangun segi tiga (triangularis), bangun delta (deltoideus), dan bangun belah ketupat (rhomboideus).

    >> Pangkal daun bertoreh atau berlekuk. Dalam golongan ini termasuk bentuk-bentuk daun seperti: bangun jantung (cordatus), bangun ginjal atau kerinjal (reniformis), bangun anak panah (sagittatus), bangun tombak (hastatus), dan bangun bertelinga (auriculatus).

    3. Bagian yang terlebar terdapat di atas tengah-tengah helaian daun.

    Daun dengan bagian yang terlebar terdapat di atas tengah-tengah helaian daun kemungkinan bangun daunnya adalah bangun bulat telur sungsang (abovatus), bangun jantung sungsang (obcordatus), bangun segitiga terbalik atau bangun pasak (cuneatus), dan bangun sudip atau bangun spatel atau solet (spathulatus).

    4. Tidak ada bagian yang terlebar atau dari pangkal ke ujung dapat dikatakan sama lebarnya.
    Dalam golongan ini termasuk daun-daun tumbuhan yang biasanya sempit, atau lebarnya jauh berbeda jika dibandingkan dengan panjangnya daun. Pada umumnya bentuk daun yang dari pangkal ke ujung sama lebarnya adalah bangun garis (linearis), bangun pita (ligulatus), bangun pedang (ensiformis), bangun paku atau dabus (subulatus), dan bangun jarum (acerosus).


    C. Ujung daun (apex folli) dan pangkal daun (basis folli)

    Ujung dan pangkal daun dapat memperlihatkan bentuk yang beraneka rupa. Ada tujuh bentuk ujung daun yang sering kita jumpai yaitu runcing (acutus), meruncing (acuminatus), tumpul (obtusus), membulat (rotundatus), romping (truncates), terbelah (retusus), dan berduri (mucronatus).


    D. Susunan tulang daun (nervatio atau venatio)

    Tulang-tulang daun adalah bagian daun yang berfumgsi untuk memberi kekuatan pada daun atau sebagai penguat dan jalan untuk pengangkutan zat-zat. Menurut besar kecilnya tulang-tulang daun dibedakan dalam tiga macam, yaitu ibu tulang (costa), tulang-tulang cabang (nervus lateralis), dan urat-urat daun (vena). Berdasarkan arah tulang-tulang cabang yang besar pada helaian daun, dapat dibedakan menjadi empat golongan, yaitu daun-daun yang bertulang menyirip (penninervis), daun-daun yang bertulang menjari (palminervis), daun-daun yang bertulang melengkung (cervinervis), dan daun-daun yang bertulang sejajar atau bertulang lurus (rectinervis).


    E. Tepi daun (margo folli)

    Secara garis besar tepi daun dapat dibedakan dalam dua macam, yaitu rata (integer) dan bertoreh (divisus). Toreh-toreh pada tepi daun sangat beraneka ragam sifatnya. Biasanya toreh-toreh pada tepi daun dibedakan dalam dua golongan, yaitu:

    1. Tepi daun toreh yang merdeka.
    Tepi daun dengan toreh yang merdeka banyak pula ragamnya namun yang sering kita jumpai adalah tepi daun yang dinamakan bergerigi (serratus), bergerigi ganda atau rangkap (bisseratus), bergigi (dentatus), beringgit (crenatus), dan berombak (repandus).

    2. Tepi daun dengan toreh-toreh yang mempengaruhi bentuknya.
    Berdasarkan dalamnya torehan pada tepi daun dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu berlekuk (lobatus), bercangap (fissus), dan berbagi (partitus).


    F. Daging daun (intervenium)

    Daging daun adalah bagian daun yang terdapat di antara tulang-tulang daun dan urat-urat daun. Di bagian ini zat-zat yang diambil dari luar diubah menjadi zat-zat yang sesuai keperluan kehidupan tumbuhan.


    G. Warna daun

    Secara umum kita ketahui bahwa daun berwarna hijau, namun tidak jarang kita jumpai daun yang berwarna tidak hijau.


    H. Permukaan daun

    Pada umumnya warna daun pada sisi atas dan sisi bawah jelas berbeda, biasanya sisi atas tampak lebih hijau, licin atau mengkilap jika dibandingkan dengan sisi bawah daun. Kadang-kadang pada permukaan daun terdapat alat-alat tambahan yang berupa sisik-sisk, rambut-rambut, duri, dan lain-lain.



    Ilmupengetahuan
    Macam-macam Pengetahuan Di Sekitar Kita
    Klik

    Education and Technology

  2. # ADS
    Circuit advertisement
    Join Date
    Always
    Location
    Advertising world
    Posts
    Many

     

    Ayo Beriklan Di Indofiles Ayo Beriklan Di Indofiles

    Join Indofiles Sub Crew TaruhSini.com,cara mudah berbagi files anda
    Join Indofiles VIP Indofiles.net Poster Hunt

     

Similar Threads

  1. anak kecil salah pengertian tentang sex
    By b4ndi3ts_69 in forum Warung Kopi
    Replies: 2
    Last Post: 15-03-2011, 13:16 PM

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •