Join Indofiles VIP IndoLocker.com - We here to Share

User Tag List

Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 29

Thread: Kenapa Catur masuk dalam cabang olahraga?

  1. #1


    Join Date
    Aug 2013
    Posts
    3
    Thanks
    12
    Thanked 4 Times in 2 Posts
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Lightbulb Kenapa Catur masuk dalam cabang olahraga?

    Catur merupakan dari bahasa sansekerta yang memiliki arti empat. Digunakanya catur sebagai nama permainan ini di Indonesia, kalau boleh dianalogikan, mungkin karena sisi dari papan catur itu berjumlah empat atau persegi empat. Atau barangkali, melihat jumlah prajurit tiap pemain (putih/hitam )ada enam belas, yang apabila dibagi empat maka jumlahnya adalah empat. Namun bisa juga karena, bahwa raja di papan catur itu ibarat manusia yang dijadikan oleh Tuhan sebagai khalifatulardi, yang berarti manusia harus memiliki empat karakerisik melalui peran tokoh yang strategis dalam permainan catur yaitu, pertama benteng sebagai simbol pertahanan atau ikhtiat, kedua luncur sebagai simbol penyerangan
    atau maqsudiyah dan riyadiyah , ketiga kuda sebagai simbol kendaraan atau alat dan keempat ster sebagai symbol strategi atau al’ilmu.
    Terlepas dari alasan, “Mengapa permainan ini di Indonesia dinamakan catur?” pada prinsipnya catur merupakan bagian dari olahraga. Pun, olah raga itu sendiri merupakan gabungan dari dua kata yaitu, “olah” dan “raga”. “Olah “ dalam bahasa arab disebut riyadhah atau rutinitas gerak hingga mencapai titik optimal, dan “raga” dalam bahasa arab disebut badaniah atau segala sesuatu yang ada pada manusia selain ruh. Sehingga olah raga merupakan suatu rutinitas raga untuk mencapai titik optimal. Mengingat dalam catur itu yang lebih banyak bergerak adalah otak, tentunya otak itulah yang lebih ditekankan sebagai usaha mencapai titik optimal. Maka catur merupakan jenis olah raga yang mampu mempengaruhi pada perkembangan intelektual. Pada sisi yang lain, bagi seseorang yang memiliki intelektuaBegitu juga, catur bisa meningkatkan kemampuan berkosentrasi serta mengembangkan akal untuk membuat analisa dan sintesa secara strategis dan taktis

  2. The Following 3 Users Say Thank You to k1nda1ch1 For This Useful Post:


  3. # ADS
    Circuit advertisement
    Join Date
    Always
    Posts
    Many
     

  4. #2

    adhiramon's Avatar
    Join Date
    Jun 2013
    Location
    Bandung
    Posts
    9
    Thanks
    14
    Thanked 1 Time in 1 Post
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default

    hoo.. make sense sih..

  5. The Following User Says Thank You to adhiramon For This Useful Post:


  6. #3

    ~Dipi~'s Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Di dapur, masak!!
    Posts
    23,547
    Thanks
    2,530
    Thanked 69,384 Times in 11,885 Posts
    Mentioned
    234 Post(s)
    Tagged
    17 Thread(s)

    Default

    Chess not sport... that's a game...

  7. The Following User Says Thank You to ~Dipi~ For This Useful Post:


  8. #4


    Join Date
    Aug 2013
    Posts
    5
    Thanks
    20
    Thanked 5 Times in 3 Posts
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default

    Ane masih agak bingung, bagian dari catur yg merupakan olah raga atau olah fisik itu yang mana. Kayaknya cuma ada olah pikiran doang.

  9. #5
    storm's Avatar
    Join Date
    Sep 2013
    Location
    pekanbaru
    Posts
    187
    Thanks
    219
    Thanked 81 Times in 34 Posts
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default

    setau saya sih . .
    catur mungkin sportnya dari berfikir . .
    otak kita jadi berfikir karena harus memikirkan taktik langkah kita menghadapi lawan . .

  10. #6


    Join Date
    Sep 2013
    Posts
    4
    Thanks
    2
    Thanked 1 Time in 1 Post
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default

    lebih setuju catur masuk olahraga.. keringetan jga soalnya klo maen catur

  11. #7


    Join Date
    Oct 2013
    Posts
    4
    Thanks
    1
    Thanked 2 Times in 2 Posts
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default

    Kaya maen kartu bridge gtu jg bs kok msk kategori olahraga..so ga msalah dong..

  12. #8


    Join Date
    Dec 2013
    Posts
    5
    Thanks
    3
    Thanked 1 Time in 1 Post
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default

    Quote Originally Posted by storm View Post
    setau saya sih . .
    catur mungkin sportnya dari berfikir . .
    otak kita jadi berfikir karena harus memikirkan taktik langkah kita menghadapi lawan . .
    yoi maen sepak bola jg kan harus mikir jga . mau nendang mau umpan kan harus berpikir ga asal

  13. #9

    aang keren's Avatar
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    742
    Thanks
    404
    Thanked 207 Times in 104 Posts
    Mentioned
    28 Post(s)
    Tagged
    2 Thread(s)

    Default

    kalo gitu semuanya gw..

    SKAK MAT

    hahahahayyyy.....
    Warm Regard's


    Aang Sang Pengunduh

  14. #10


    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    4
    Thanks
    3
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default

    ooh.. gitu ya.. selama ini ane pikir olahraga itu fisik aja.. tetapi pikiran juga termasuk..

Page 1 of 3 123 LastLast

Similar Threads

  1. Replies: 42
    Last Post: 16-10-2013, 16:14 PM
  2. Grosir kaos olahraga,celana training,jaket olahraga
    By mj-506.com in forum Fashion & Mode
    Replies: 0
    Last Post: 25-06-2013, 11:40 AM
  3. Penjelasan Ilmiah Kenapa Babi Diharamkan Dalam Islam
    By gabriel andreas in forum Kesehatan
    Replies: 0
    Last Post: 23-06-2013, 11:47 AM
  4. Replies: 14
    Last Post: 16-10-2010, 16:20 PM

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •